Jumat, 12 Oktober 2012

Beberapa Hewan Pembawa Penyakit Kepada Manusia

Sebagian dari anda mungkin adalah pecinta binatang, ada rasa kepuasan sendiri apabila anda memelihara hewan tersebut, akan tetapi apa jadinya jika hewan peliharaan anda justru termasuk daftar hean yang berresiko menularkan penyakit kepada anda.
Sebagaimana kita ketahui hewan peliharaan adalah hewan selalu dekat dengan sang pemiliknya, apa jadinya jika hewan peliharaan anda mempunyai penyakit yang dapat membahayakan diri anda.
Ada beberapa hewan yang salah satunya adalah hewan yang dapat beresiko kemungkinan menularkan penyakit kepada anda berikut adalah salah satunya.

Monyet
Mungkin ini bukan termasuk hewan yang sering orang pelihara akan tetapi ada segelincir orang memelihara hewan ini, monyet dapat menularkan virus Herpes B melalui air liurnya dan jangan di remeh kan virus ini dapat berpotensi mengancam jiwa anda.

Kelinci liar
Hewan lucu satu ini memang sekilas tak berbahaya, akan tetapi kelinci dapat menularkan penyakit Tularemia, penyakit ini dapat menyebabkan gangguan pernapasan, gangguan yang dialami yaitu menggigil, nyeri pada sendi, dan lemah dan jika ada orang yang sudah terkena ini ia akan mengalami Pneumonia atau radang paru paru.

Burung
Seperi yang sudah anda ketahui bahwa unggas telah merenggut beberapa korban beberapa tahun lalu karena virus H5N1 atau virus flu burung, sudah lebih dari 120 juta unggas di seluruh dunia mati mendadak Karena terkena virus H5N1.
sedikitnya 300 orang meninggal akibat virus flu burung sejak tahun 2003 lalu, jika ada salah satu dari anda memelihara unggas dan mati mendadak laporkan pada pihak yang bertanggung jawab dan segeralah melakukan tindakan pertamayaitu mengevakuasi seluruh unggas di lingkungan anda.

Tikus.
Siapa yang tak kenal dengan hewan pengerat satu ini, yang dikenal sebagai pencuri makanan setelah kucing, ya ini adalah Tikus, hewan ini termasuk hewan yang cukup beresiko menularkan penyakit karena hewan ini memiliki Hantavirus yang terdapat pada tinja, air kencing dan liurnya.
Gejala yang ditimbulkan adalah nyeri otot, sakit perut, diare, dan muntah serta gangguan pernafasan, selain dari itu tikus juga dapat menularkan Penyakit Leptospirosis, yaitu penyakit yang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan menungtis

Reptil.
Hewan ini memang berbahaya selain dari kebuasanya dalam memangsa, ini juga berbahaya jika dekat dengan kita karena reptile dapat menularkan penyakit kulit pada manusia, virus ini disebut salmonella.

Sapi.
Hewan ini adalah hewan yang paling banyak di konsumsi manusia di seluruh dunia, akan tetapi jika hewan ternak ini tidak di jaga kesehatannya ketika hidup maka dapat menyebebkan hewan ini membawa penyakit kedalam tubuh manusia jika di konsumsi.
Emillio DeBess mengatakan bahwa sapi dapat menyebarkan 3 penyakit utama pada manusia yakniinfeksi salmonela, infeksi E coli, dan ensefalitis. Selain itu ada juga beberapa virus lain yang dapat menyebabkan penyakit serius bagi manusia.

Anjing
Hewan pintar ini banyak dipelihara sebagai penjaga pintu gerbang, selain itu anjing juga dapat menjadi teman terbaik manusia karena kesetiaannya pada sang pemilik.
Ada beberapa penyakit yang anda sudah ketahui pastinya, Rabies, virus ini ditularkan dari air kencing dan air liur anjing, selain rabies anjing juga dapat menularkan cacing tambang dan cacing gelang.

Kucing
Kucing juga dikenal sebagai penular virus rabies selain Anjing, kucing juga dapat menularkan penyakit Tularemia dan toksoplasmasis , toksoplasmasis di khawatirkan menular kepada ibu hamil dana jika itu terjadi maka sang bayi akan menyebabkan kekguguran dan kecacatan pada mata.
                                                                                                                                                                    Sumber: Beberapa hewan pembawa penyakit kepada manusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar